Pengamen Kecil

Senin, 21 September 2015

Suaranya sedikit parau. Mungkin sudah sejak pagi tadi mereka bernyanyi. Tiga bocah kecil yang barusan tadi menaiki bus Blue Star yang aku tumpangi. Usia mereka tak jauh berbeda. Berbekal gitar kecil dan gendang dari potongan pipa paralon, mereka beraksi. Mulai dari lagu khas anak jalanan, dangdut koplo hingga tembang jawa yang aku tidak mengerti.

Kehadiran mereka di bus kami cukup mendapatkan sempati. Beberapa request lagu berdatangan dari penumpang. Sebagian penumpang tampak ikut bernyanyi. Aku kira sudah lima atau enam judul lagu mereka nyanyikan.

Jam sudah menunjukkan pukul 19.24 ketika bocah-bocah itu menuruni tangga bus. Dari keremangan cahaya lampu kulihat wajah mereka. Wajahnya berseri karena tak menduga akan banyak mendapat rejeki malam ini. Bahkan sebelum turun ada penumpang yang memberikan kue-kue kotak. Kalau tidak salah sisa sore tadi.

Itulah salah satu potret kehidupan yang kulihat malam ini. Kuyakin banyak pengamen-pengamen kecil lainnya selain mereka. Dalam hatiku bertanya, dimanakah tugas mu wahai negara???

Anyer, 20 September 2015

0 comments:

Posting Komentar